Senin, 26 April 2010

DRAMA: AKu, Dana Boss dan Kepsek

Hari ini datang seorang murid baru. Di sebuah sekolah SMA MAJU MUNDUR, Sulawesi. Sekolah ini merupakan sekolah paling elite se-Provinsi murid itu sangat cupu dan sangat miskin karena dia berasal dari daerah pegunungan Bulu Kumba, dia pun sekolah disini karena dapat biaya sekolah dari dana boss.
Hari ini pertama dia datang dan memasuki kelas barunya.
Kepsek : “Anak-anak, kita kedatangan murid baru dia salah satu teman kita yang dapat bea siswa”
Aldo : “Siapa Bu namanya?”
Kepsek : Oh ya…!!!!! Siapa namamu?
Murid baru : Panjang bu
Kepsek : Nggak papa, sebutkan saja, memang nama anak-anak sekarang panjang-panjang, siapa namamu?
Murid baru : Panjang Bu
Kepsek : Anak-anak saya, keponakan saya, saya juga dan tetangga saya, panjang-panjang namanya. Tapi yang ingin saya ketahui nama lengkapmu, bukan panjang pendek namamu! (Sang Kepsek mulai marah). Ayo sebutkan nama lengkapmu…!!
Murid baru : Panjaaaaa……..nnnnggg Wati!!Teriak murid baru yang bernama Panjang tersebut
Kepsek : oooooooowww….Nama kamu Panjang Wati
Bu Ira : Ya sudah, bu, makasih udah mengantarkan panjangke kelas. Silahkan duduk panjang
Panjang : Makasih Bu

Waktu istirahat Aldo menghampiri Panjang yangs edang duduk sendirian di taman
Aldo : Aku boleh duduk gak???
Panjang : hmmmm,,duduk saja
Aldo : Kamu dari mana siih?
Panjang : Aku dari pegunungan Bulu Kumba, aku sekolah disini dari BANTAUN DANA BOSS, Pemerintah baik ya….?? Suka memperhatiin orang kecil




Aldo : Hmmmmm…Pegunungan Bulu Kumba?????Aku baru denger, emang ada??Daerah mana itu??
Panjang : Pegunungan Bulu Kumba itu jauuuuuuu….hhhhh sana (Sambil menikmati pemandangan pegunungan dari kejauhan). Ehhm,,kamu tau nggak, gunung itu? (sambil menunjuk gunung itu yang jauh bangggets dari posisinya) gunung yang tinggi itu tuuuch, disana kan ada putih-putih nah itu rumahku
Aldo : ooooohh situ too

Hari ini hari senin, upacara bendera akan dimulai, sebagai murid baru di sekolah MAJU MUNDUR Panjang Wati harus di tes dengan menjadi seorang pemimpin upacara
Panjang : Siaaaap……Grak!!!!(Menyiapkan upacara). Lapor Upacara hari senin tanggal 32 Januari tahun 2300 siap dilaksanakan
Kepsek : Kembali ke tempat!!!

Tapi nggak tahu kenapa Panjang hanya diam dan tak kembali ke tempat semula. Dan peserta pun bingung.
Kepsek : Kenapa Panjang kamu tidak kembali ke tempat?
Panjang : Maaf Bu di belakang becek
(Semua peserta pun tertawa)
(Saat didalam kelas)
Bu Ira : Anak-anak ini hasil ulangan kalian (dibagikan)
Aldo : Yaach,,aku dapat 79, kam8u berapa panjang?
Bu Ira : Panjang,, kenapa nilai MTK kamu sekarang merosot apa kamu ada masalah??
Panjang : memang saya sedang punya masalah bu.
Bu Ira : apa masalahmu??
Panjang : Jadi gini,,suatu hari saat mau ulangan kalkulator saya hilang, jadi nilai saya merosot..ibu sih buat soal bikin pusing kepala
Bu Ira : huuh…!!!(sambil kesel).
Di ruang guru panjang datang menemui Bu Ira
Panjang : Assalamu’alaikum…
Bu Ira : Walaikumsalam,,ya masuk,,da apa Panjang??
Panjang : Bu saya pengen Tanya, saya sekolah di sini dan sampe sekarang saya belum dapat, kok saya masih di tagih buat bayar SPP, pa belum diberi uang pemnerintah??





Bu Ira : Oooo…kalo masalah itu ibu gak tau, soalnya biasanya kalo masalah dana boss itu kepsek. Jadi ibu gak tau, coba kamu tanyakan pada beliau.
Panjang : oooh,,ya sudah bu, saya permisi..assalamu’alaikum..
Bu Ira : Wa’alaikumsalam
Suatu hari kepsek berbicara sendiri di ruang kepsek, tidak sengaja bu Ira mendengarkan percakapan kepsek yang pada saat itu Bu Ira mau memberikan laporan kepada kepsek.
Kepsek : waaah…..aku punya rejeki banyak, mau aku apakan ya uang ini, mau pedi, mau meni dan mau jalan-jalan ke luyar negeri, duuh seneng……..tapi, masalah uang dana boss anak itu gimana??kalo ditanya uang itu bisa berabe…..!!!!!!alah biarin, emang gue pikirin yang penting uang dana boss ini di tanganku,,haaaahhaa
Bu Ira : (sambil bertepuk tanagan) bagus…..bagus…!!!ternyata ibu Mesi yang saya kira sangat terhormat bisa melakukan hal serendah itu!
Kepsek : eh…eh..ehh!!!Bu Ira…silahkan duduk (sambil gugup)
Bu ira : Hebat..hebat…!!seorang kepsek yang seharusnya memberikan conth yang baik, luhur, bisa melakuakn hal seburuk itu. Apakah sikap ke KORUPSIAN ini yang disebut sikap berbudi luhur baik untuk di contoh?
Kepsek : dengar dulu bu, kita bisa bicarakan masalah inid engan baik atau bahkan kita bisa bekerja sama nanti hasilnya kita bagi dua giaman??
Bu Ira : apa anda pikir saya seoarang yang punya kelakuan licik seperti anda, tidak bu anda salah saya akan melaporkan andakepada pihak yang berwajib
Kepsek : tolong jangan bu, saya khilaf, saya mohon bu
Bu Ira : (Sambil memegang telepon)halooo..pak polisi disini ada tindak KKN tolong bapak datang ke sekolah SMA MAJU MUNDUR Jalan Harap Pelan-pelan No.35

Akhirnya Bu Mesi selaku kepsek SMA MAJU MUNDUR ditrangkap dan dijebloskan selama 5 tahun.
Berbeda dengan suasana di luar sekolah SMA MAJU MUNDUR semua pada bingung siapa yang pantas menjadi kepsek SMA MAJU MUNDUR, setelah ditangkapnya Bu Mesi selaku kepseknya dulu.
Semua siswa : Merdeka Ibu Ira…..Merdeka!!!!tidak ada yang pantas menjadi kepsek kecuali Ibu Ira, Merdekaa!!!
Bu Ira : Tenang anak-anakku..Ibu mengerti perasaan kalian..tenang dulu
Aldo : (sambil bersujud) Bu maukah anda menjadi kepsek seko,lah ini bu



Panjang : betul…betull…betulll….ya mau dong, gak kasian ma kita-kita……mau ya bu..pleaseee
Bu Ira : Tapi yang memutuskan itu dinas pendidikan itu anak-anak,bukan kita.
Semua siswa : kalau begitu ayo kiat menuju kantor dinas pendidikan, ayo…!!!(sambil berbondong-bondong)
Bu Ira : waduuuch….eh, tunggu dulu anak-anak!!
Tapi para murid tak menggubris perkataan Bu Ira. Mereka tetap berjalan menuju kantor dinas pendidikan
Hari demi hari akhirnya harapan para murid tercapai dan Bu Ira menjadi kepsek SMA MAJU MUNDUR Sulawesi.
Esok harinya saat melakukan upacara hari senin.
Panjang : siaaap…grak!!!(menyiapkan upacara). Lapor upacara hari senin tanggal 6 januari 2400 siap dilaksanakan
Bu Ira : lanjutkan
Panjang : lanjutkan

Tapi gak tau kenapa panjang hanya diam dan tak kembali ke tempat semual dan poesertya pun bingung.
Bu Ira : Kenapa kamu gak kembali ke tempat?? Jangan bilang kalau di belakang kamu becek dan kenapa kamu melihat belakang saya memangnya ada apa di belakang saya
Panjang : he..heee……itu bu, saya lihat gunung itu low..Bapak saya lagi bermain pacul di lading dan ibu saya lagi jemur pakaian..heeeee
Semua murid & Bu ira : Ada-ada saja kamu panjang-panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar