Senin, 26 April 2010

BAHAN BAHAN YANG DI GUNAKAN DALAM MENYABLON

a.Emulsi : Bahan yang digunakan untuk menutup screen,terdiri dari dua bahan yang dicampur lalu di oles ke screen.

b.Rubber : seperti namanya bahan ini karet yang akan dicampur dengan tinta yang akan di sapukan ke kaos.Rubber ada 2 ada rubber putih dan rubber warna,dan jangan sekali kali mencampur rubber putih dengan tinta warna,karena hasil warnanya akan tidak sesuai dengan yang di inginkan.Biasanya rubber warna sedikit lebih kuning (seperti gambar di bawah di mangkok oval).

c.Minyak sayur : bahan untuk megoles kertas film agar bagian kertas yang tidak bergambar bisa tembus ketika terkena sinar matahari.

d.Tinta : bahan yang akan dicampur dengan rubber biasanya warnanya terbatas warna warna dasar dan kalo kamu ingi warna aneh2 harus meracik sendiri.

e.Penguat Screen : digunakan untuk menambah kekuatan emulsi di screen setelah film sudah benar2 jadi agar tidak mudah rontok.

f.Top coat : Untuk menambah kekuatan hasil sablonan di kain agar tidak mudah pecah2 dan rontok dan membuat hasil sablon lebih mengkilap.

g.Binder : Memperkuat campuran tinta dan rubber.

h.Bayclin : Untuk Membersihkan emulsi dari screen setelah selesai menyablon dan ingin menyablon model lain,atau bisa dengan kaporit,atau membeli pembersih emulsi.

i.M3 :ini cairan sejenisteener yang digunakan untuk mebersihkan tinta yang menempel pada screen yang susah dibersihkan dengan air.

Huaaaaah wah reti2 jam 24.00) Itulah alat 2 dasar dan bahan 2 dasar menyablon.Sebenarnya masih banyak alat dan bahan yang digunakan misal untuk membuat glitter,agar tibul,agar sablon terang di kegelapan.Tapi aku sudah ngantuk besok2 lagi ya.Makasih buat Efek rumah kaca,udah mau nemenin sampai malam.Dibawah akan aku kasih contoh hasil karyaku (narsise cah kui).Kalo ada yang kurang jelas silahkan komen akan aku jawab semampuku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar