Senin, 26 April 2010

Contoh Resensi: Arti Pentingnya Pendidikan

Judul buku : Menuju Masyarakat belajar
Penulis : Indra Djati Sidi, Ph.D
Penerbit : PARAMADINA
Tahun Penerbit : 2001
Tebal Buku : XXiii + 116 Halaman

1. Isi Buku
Membicarakan pendidikan melibatkan banyak hal yang harus direnungkan, sebab meliputi keseluruhan tingkah laku manusia yang dilakukan demi memperoleh kesinambungan, pertahanan dan peningkatan hidup.
Karena itu renungan tentang apa yang dimaksudkan dengan pendidikan tidak terbatas hanya kepada pengajaran, tetapi juga peran mendidik anak melalui kebiasaan kesehariannya.
Dewasa ini direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tengah mengalami masalah yang berkenan dengan kebijaksanaan tentang pemerataan dan perluasan pendidikan, yaitu belum tuntasnya wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.

2. Kelebihan
Buku tulisan Indra Djati Sidi, Ph.D ini tidak hanya memberikan inspirasi konsep dan pelaksanaan pendidikan di sekolah-sekolah dasar dan luar sekolah, melainkan juga menjadi satu kritik bagi landasan pelaksanaan pendidikan di negeri ini. Karena itu, perlu disahuti keberanian dan kreativitasnya, karena tulisannya sungguh luar biasa, banyak ilmu yang terkandung didalamnya.

3. Kekurangan
Hamper keseluruhan buku ini tidak ada kekurangannya, tetapi jika tidak membaca berulang kali mungkin tidak mengerti, karena didalamnya terdapat bahasa asing yang sulit dimengerti oleh para pembaca pemula.

4. Kesimpulan
Pendidikan memiliki peran yang sangat strategi dan efektif dalam pembentukan karakter bangsa. Pembentukan karakter peserta didik harus dilakukan melalui semua mata pelajaran, bukan semata-mata tanggung jawab pendidikan keimanan dan ketaqwaan saja. Disamping isi materi pelajaran, cara atau metode pembelajaran sangat penting untuk membentuk watak dan karakter siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar